Jumat, 29 Maret 2013

OSI, TCP/IP, COMMAND INTERPRETER


Yang kita bahas pada sesi adalah tentang OSI, TCP/IP, dan apa tujuan dari COMMAND INTERPRETER...

Pengertian OSI
Suatu jaringan computer LAN digunakan dengan memperhatikan arsitektur standar yang dibuat lembaga standar industry dunia. Standar jaringan yang saat ini diakui dunia adalah The Open System Connection atau OSI yang dibuat oleh lembaga ISO (The Unternal Standar Organization) Amerika Serikat, seluruh fungsi kerja jaringan computer dan komunikasi antar terminal diatur dalam standar ini.

OSI adalah suatu standar komunikasi antar mesin yang terdiri atas 7 lapisan. Ketujuh lapisan tersebut mempunyai peran dan fungsi yang berbeda satu terhadap yang lain.


Lapisan 1 : Phisical
Lapisan terendah ini mengatur sinkronisasi pengiriman data spesifikasi mekanik, elektrik dan interface antar terminal, seperti besar tegangan, frekuensi, impedansi, koneksi pin dan jenis kabel.

Lapisan 2 : Data Link
Pada lapisan ini data diubah dalam bentuk paket, sinkronisasi paket yang dikirim maupun yang diterima persiapan saluran antara terminal, pendeteksi kesalahan yang terjadi saat pengiriman data dan pengendalian akses saluran.

Lapisan 3 : Network
Lapisan ini menentukan rute pengiriman dan pengendalian kemacetan, agar data sampai ditempat tujuan dengan benar.

Lapisan 4 : Transport
Lapisan ini mengatur keutuhan data, menerima data dari lapisan session dan meneruskannya kelapisan network lapisan ini juga memeriksa apakah data telah sampai dialamat yang dituju.

Lapisan 5 : session
Lapisan ini menyiapkan saluran komunikasi dan terminal dalam hubungan antar terminal. Mengkoordinasikan proses pengiriman dan penerimaan serta mengatur pertukaran data.

Lapisan 6 : presentation
Pada lapisan ini dilakukan konversi data agar data yang dikirim dapat dimengerti oleh penerima, kompresi teks dan penyajian data

Lapisan 7 : application
Lapisan paling tinggi ini mengatur interaksi pengguna komputer dengan program aplikasi yang dipakai. Lapisan ini juga mengatur pemakaian bersama data dan peralatan, pengiriman file dan pemakaian database.

TCP/IP (Transmission control protocol/internet protocol)
TCP/IP adalah sekumpulan protocol yang di desain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada Wide Area Network (WAN). TCP/IP terdiri atas sekumpulan protocol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari komunikasi data. Protocol ini merupakan komunikasi utama dalam internet. Protocol ini memungkinkan system  apapun yang terhubung kedalamnya bisa berkomunikasi dengan system lain tanpa harus memperdulikan bagaimana remote system DARPA (Defence Advance Research Projects Agency) menandai dan pembuatan paket switching eksperimental yang diberi nama ARPANET. Karena dinilai sukses makan banyak organisasi lain yang menghubungkan dari dengan jaringan itu. Kemudian karena besarnya jaringan dilakukan pengembangan ke dalam protocol yang lebih umum yaitu TCP/IP.

TCP/IP adalah program 2 layer. Layer yang paling atas transmission control protocol, (TCP) mengatur assembly dari pesan atau file ke dalam backet. Packet yang lebih kecil yang akan di transmissikan melalui internet dan diterima oleh TCP  layer yang akan menassembly packet ke dalam pesan/bentuk yang sebenarnya. Layer yang paling bawah internet protocol (IP), menghandle address part of dari tiap packet sehingga akan menjamin paket akan sampai ketujuannya.

TCP/IP menggunakan model client/server dalam berkomunikasi dimana computer user (client) meminta kepada komputer lain dan akan disediakan service tersebut oleh computer lain itu server.

Internet dibentuk dari fungsi TCP/IP ini banyak sekali protocol di internet dijalankan dengan atau oleh TCP/IP. Protocol seperti Word Wide Web’s Hypertext Transfer Protocol (HTTP), file transfer protocol (FTP), teinet (teinet) dab simple mail transfer protocol (SMTP).

  •    Keunggulan TCP/IP :

a)      Open protocol standars
Independent terhadapat perangkat keras computer, system operasi dll. Ideal untuk menyatukan mesin-mesin dengan oerangkat keras dan lunak yang berbeda walaupun tidak terhubung dengan internet.
b)      Tidak tergantung pada perangkat keras jaringan tertentu sehingga TCP/IP cocok untuk berbagi macam jaringan. Misal Ethernet, Token, Ring, Dial-up, Line, X-25, dll.
c)      Cara pengalamatan bersama
Memungkinkan device TCP/IP mengindentifikasikan secara unik devoce yang lain diseluruh jaringan walaupun ia merupakan jaringan global (Dunia).
d)     Protocol level tinggi yang di standarkan untuk konsisten, sehingga yang lain diseluruh servis user yang luas.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah nama protocol jaringan, protocol ini sering digunakan sebagain protocol jaringan yang universal terutama pada internet, dan mempunyai kemampuan jaringan yang sangat baik, tetap protocol ini membutuhkan konfigurasi yang cukup sulit. Pengalamatan jaringan tidak seperti Physical addresses yang melembur ke dalam hardware manapun. Pengalamatan jaringan diberikan oleh administrator jaringan dan secara logika dikonfigurasikan ke dalam device jaringan.
Sekumpulan protocol TCP/IP di modelkan dengan empat layer TCP/IP, sebagai berikut :




  •     Cara kerja TCP/IP

Ketika e-mail dikirim, maka e-mail tersebut diproses oleh protocol TCP/IP (Transmition control protocol). Pada saat diolah protocol TCP ini melindungi data yang hendak di kirim. Pada TCP juga ditambahkan data berupa 16 bit 5 obrce. Part number dan 16 bit destination part number (analog dengan nama si pengirim dan penerima). Setiap data dip roses oleh protocol TCP, data ini diteruskan ke protocol dibawah TCP, yaitu IP (Internet protocol). IP adalah protocol di internet yang mengurusi masalah pengalamatan dan mengatur pengiriman paket data sehingga ia sampai ke alamat yang benar.

            Alamat computer haruslah unik, dalam internet ini disebut sebagai IP Adress, Ip address biasanya di tulis sebagai 4 urutan decimal yang dipisahkan dengantitik, contoh penulisan Ip address : 123.92.122.144, setiap bilangan tersebut berupa salah satu bilangan yang berharga di antara 0-255.

            Paket Ip terdiri atas paket yang diterimanya dari TCP, ditambah dengan beberapa data tambahan diantaranya ialah 32 bit source Ip address, 32 bit destination IP Address. Setelah paket-paket data diproses menjadi paket IP, lalu dikirimkan ke protocol yang berada di network interface layer. Network Interface Layer adalah bagian lapisan komunikasi data yang berfungsi untuk mengatur akses data ke mediaum data dari media fisik.

4 lapisan pokok TCP/IP :
- Aplikasi
- Transport
- Internet Layer
- Network Layer

Tujuan dari command interpreter
Agar pengguna dapat membuat permintaan tanpa menulis program.
Biasanya command interpreter terpisah dengan kernel karena konsep mesin virtual menyediakan proteksi yang lengkap untuk sumberdaya sistem, dikarenakan tiap mesin virtual terpisah dari mesin virtual yang lain.

Sekian Tulisan ini dibuat semoga bermanfaat bagi kalian semua J Terima Kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar