Kamis, 29 November 2012

Sistem Operasi


System operasi merupakan penghubung antar pengguna komputeer dengan perangkat keras computer. Sebelum ada system operasi, orang hanya menggunakan computer dengan menggunakan signal analog dan signal digital. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai system operasi dengan keunggulan masing – masing. Untuk lebih memehami system operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai system operasi itu sendiri.

Pengertian system operasi secara umum ialah pengelolaan seluruh sumber daya yang terdapat pada system computer dan menyediakan sekumpulan layanan ( system calls ) kepada pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan, serta pemanfaatan sumber daya computer dapay lebih optimal.

Seperi kita ketahui bahwa computer terdiri dari elemen – elemen elektronika yang hanya mengenal dua keadaan saja yaitu arus positif dan negative. Karena hanya mengenal dua keadaan saja yang dapat dikenal, maka kerja dari peralatan – peralatannya pun berupa kombinasi dari kwedua keadaan tersebut. Kedaan tersebut sering disimbolkan dengan angka 1 untuk arus positif dan angka nol untuk angka negative.

Sedangkan manusia dapat mengenal beraneka ragam keadaan yang dapat disimbolkan seperti huruf – huruf ( A – Z dan a – z ) dan angka – angka ( 0 – 9 ). Dan manusia membentuk computer untuk menjadikannya sebagai peralatan Bantu.

Dilihat dari perbedaan yang mendasar akan kerja peralatan computer dengan kerja pada manusia dan kepentingan manusia akan computer; maka akan terlihat perlunya suatu penghubung. Keperluan akan penghubung tersebut merupakan suatu kebutuhan yang diinginkan oleh manusia untuk mempermudah pemakaian computer.

System operasi merupakan suatu nodul dasar dari system softwere yang umumnya dibuat oleh pembuat/perancang computer yang bersangkutan. Pembuatan system operasi tersebut pertama kali ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan akan kemudahan pemakaian computer dalam hal pengkodean. Pengkodean tersebut digunakan sebagai penghubung dari kode yang dikenal oleh mesin computer dengan kode yang dikenal oleh manusia.

System operasi bias didefinisikan sebagai :
  • Perangakat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai computer ( user ) dengan perangkat keras ( hardware )

Pemakai computer dibagi menjadi :
- Common user : pengguna computer biasa.
- Programmer : seorang yang membuat aplikasi/program
- Aplikasi ( program ) : sesorang yang menjadi operator pengguna program.

  • Tujuan dari adanya operating system adalah :
- Menjalankan program – program dari user dan membantu user dalam menggunakan computer.
- Menyediakan sarana sehingga pemakaian computer menjadi muadah ( convenient ).
- Memenfaatkan perangkat keras computer yang terbatas secra efisien ( resoursce manager ). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar